IMG-LOGO

Sosialisasi ODF (Open Defecation Free)

Create By 15 August 2019 43 Views

ODF atau Open Defecation Free adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan. Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan, sehingga untuk memutuskan rantai penularan ini harus dilakukan rekayasa pada akses ini. Agar usaha tersebut berhasil, akses masyarakat pada jamban (sehat) harus mencapai 100% pada seluruh komunitas. Makanya wajar jika setiap Kabupaten/Kota ingin mentargetkan semua desanya ODF. ODF itu memastikan bahwa  Desa/Kelurahan ODF (Open Defecation Free) kondisi  100% masyarakatnya telah buang air besar di jamban sehat, yaitu mencapai perubahan perilaku kolektif terkait Pilar 1 dari 5 pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat. Perilaku buang air besar sembarangan (BABS/Open defecation) termasuk salah satu contoh perilaku yang tidak sehat.

Pada hari Selasa tanggal 30 Juli 2019 mengadakan Sosialisasi ODF (Open Defecation Free) di Balai Desa Bumiayu, yang dihadiri oleh warga yang mendapatkan bantuan jamban sejumlah 32 orang. Pemerintah Desa Bumiayu telah menganggarkan dalam APBDes Kegiatan Promosi Kesehatan dan Gerakan Hidup Bersih dan Sehat yaitu program jambanisasi Desa Bumiayu. Tujuan program ini agar masyarakat dapat sadar akan pentingnya hidup sehat melalui kebiasaan buang air kecil dan besar sesuai tempatnya. Selain itu dalam membuat tempat pembuangan kotoran (septic tank) harus sesuai dengan standar yang ditetapkan kementerian kesehatan. Untuk ini Pemerintah Desa Bumiayu mengajak semua warga Desa Bumiayu untuk sadar kebersihan dimulai dari diri sendiri dan keluarga masing-masing. Untuk meringankan beban masyarakat tersebut Pemerintah Desa Bumiayu memberikan bantuan berupa material untuk pembuatan kloset dan septic tank. Oleh karena warga Desa Bumiayu mayoritas belum memiliki septic tank, maka bantuan tersebut dibagi menjadi beberapa tahun anggaran. Untuk tahun ini pemerintah desa menganggarkan bantuan untuk beberapa rumah tangga, kurang lebih sejumlah 32 rumah. Bantuan yang diberikan pemerintah Desa Bumiayu berupa bes/ batako/ cor, semen, pasir, kloset, pipa, tenaga gali, dan tenaga swadaya masyarakat.

Bagi masyarakat yang mampu diharapkan kesadarannya untuk membuat kamar mandi dengan kloset dan septic tank secara mandiri tanpa menunggu bantuan dari Pemerintah Desa Bumiayu. Karena Pemerintah Desa Bumiayu memberikan bantuan kepada warga kurang mampu untuk mengurangi beban mereka. Diharapkan pada tahun 2020-2021 Desa Bumiayu bisa ODF (Open Defecation Free) 100¾rhasilnya Gerakan Stop Buang Air Besar Sembarangan.

IMG
IMG
IMG